04 Februari 2012

Activity Android

Activity adalah salah satu komponen aplikasi yang menyediakan sebuah layar yang mana user bisa berinteraksi dengan aplikasi, misalnya menelepon, mengambil foto, mengirim email, atau melihat peta. Setiap activity memiliki window sebagai tempat meletakkan user interface. Window tersebut biasanya memenuhi layar, bisa juga lebih kecil dari layar dan melayang di atas window lain.

Sebuah aplikasi biasanya terdiri dari beberapa activity yang satu sama lain terikat secara longgar. Biasanya, satu activity dalam sebuah aplikasi dikhususkan sabagai activity "main", yang mana akan ditampilkan kepada user disaat aplikasi dijalankan pertama kali. Setiap activity kemudian bisa menjalankan activity lain untuk melakukan pekerjaan yang berbeda. Setiap kali ada activity baru dijalankan, activity sebelumnya dihentikan, tetapi sistem menyimpan activity tersebut di dalam "tumpukan" (stack). Ketika sebuah activcity dimulai, activity tersebut ditempatkan ditempatkan paling atas pada stack dan mendapatkan fokus dari user.  Prinsip antrian stack pada dasarnya adalah "yang pertama masuk, yang terakhir keluar" (last in first out), jadi ketika user selesai dengan sebuah activity dan menekan tombol KEMBALI, activity tersebut dikeluarkan dari stack (dan dihancurkan) dan activity pada stack dibawahnya dikembalikan.

Ketika sebuah activity dihentikan karena ada activity baru yang dimulai, perubahan keadaan ini dinotifikasikan melalui siklus metode pemanggilan kembali activity . Terdapat beberapa metode pemanggilan kembali yang bisa diterima oleh activity, karena adanya perubahan keadaan dan setiap metode pemanggilan kembali menyediakan kita kesempatan untuk melakukan pekerjaan yang lebih spesifik yang sesuai dengan perubahan keadaan activity tersebut. Sebagai contoh, ketika activity berhenti, activity tersebut harus melepaskan obyek yang besar, misalnya koneksi jaringan atau database. Ketika activity dimulai kembali, kita bisa memperoleh kembali sumber daya yang dibutuhkan dan memulai kembali kegiatan yang di iterupsi. Transisi keadaan ini adalah bagian dari siklus hidup activity.

Post berikutnya adalah tentang:

  1. Membuat Activity,
  2. Memulai dan menghentikan Activity, dan
  3. Mengatur siklus hidup Activity



Tidak ada komentar:

Posting Komentar