24 April 2012

man alien - Konversi atau Install Package Biner Dari Format Asing

NAMA

alien - Mengkonversi atau menginstall sebuah package biner yang asing

SINOPSIS

alien [--to-deb] [--to-rpm] [--to-tgz] [--to-slp] [options] file [...]

DESKRIPSI

alien adalah sebuah program yang mengubah antara format file rpm dari Red Hat, deb dari Debian, slp dari Stampede, tgz dari Slackware, dan pkg dari Solaris. Jika anda ingin menggunakan sebuah package dari distribusi linux lain yang berbeda dari yang anda install di sistem anda, anda bisa menggunakan alien untuk mengubah package itu ke format package yang anda inginkan dan menginstall package tersebut. Alien juga mendukung package LSB.

PERINGATAN

Meskipun nomer versinya sudah tinggi, alien masih (dan mungkin tetap selalu) merupakan software experimental. Alien sudah dikembangkan selama bertahun-tahun, tapi masih banyak bug dan batasan.

alien tidak boleh digunakan untuk menggantikan package sistem yang penting, seperti init, libc, atau hal-hal lainnya yang penting untuk fungsionalitas sistem anda. Banyak dari package-package tersebut di atur secara berbeda oleh distributor yang berbeda pula, dan package dari distro yang berbeda tidak bisa digunakan secara bergantian. Secara umum, jika anda tidak bisa menghapus sebuah package tanpa merusak sistem, jangan mengganti package tersebut dengan versi dari distro lain.

CATATAN FORMAT PACKAGE

rpm
Untuk konversi dari dan ke format rpm, Red Hat Package Manager harus sudah terinstall.
lsb
tidak seperti format package lain, alien mampu menangani dependencies dari format package lsb jika tujuan dari package mendukung dependencies. Perlu diketahui bahwa ini berarti package yang di-generate dari package lsb akan bergantung pada package bernama lsb yang harus disediakan oleh distro dengan nama itu, jika ini sesuai dengan lsb. Script dalam package lsb juga akan dikonversikan secara default. Untuk men-generate package lsb, Red Hat Package Manager harus sudah terinstall, dan alien akan menggunakan sebuah program bernama lsb-rpm secara preferensi, jika ada. Tidak ada jaminan bahwa package lsb yang di-generate akan sepenuhnya LSB compliant, dan biasanya memang tidak, kecuali anda membuat package-package tersebut di lingkungan lsbdev.
deb
Untuk mengubah ke (tapi tidak dari) format deb, package-packege gcc, make, debhelper, dpkg-dev, dan dpkg harus sudah terinstalled.
tgz
Perhatikan bahwa untuk mengkonversi dari format tgz, alien cukup men-generate package output yang memiliki file-file yang sama seperti pada file tgz. Proses ini hanya akan berhasil jika file tgz memiliki pra-kompilasi biner di dalamnya dalam standart tree direktori linux. Jangan menjalankan alien dalam file tar dengan sourcecode di dalamnya, kecuali anda ingin source code ini diinstall dalam direktori root anda ketika anda menginstall package!
pkg
Untuk memanipulasi package-package dalam foramt pkg milik Solaris (yang mana merupakan format package datastream SV yang sebenarya), anda akan membutuhkan tools pkginfo dan pkgtrans dari Solaris

OPTIONS

alien akan mengkonversi semua file yang anda operkan kepadanya menjadi output dengan tipe yang anda tentukan, secara default akan mengkonversikan ke format deb.
file[...]
Daftar file yang akan dikonversi.
-d, --to-deb
Membuat package debian. Ini adalah setting default.
-r,--to-rpm
Membuat package rpm.
-t,--to-tgz
Membuat package tgz.
--to-slp
Membuat package slp.
-i,--install
Secara otomatis menginstall setiap package, dan menghapus file package setelah diinstall.
-g,--generate
Men-generate sebuah direktori sementara yang sesuai untuk asal pembuatan package, tapi tidak benar-benar membuat package. Ini sangat berguna jika anda ingin memindahkan file di sekitar package sebelum membuat package tersebut. Packagenya sendiri bisa dibuat dari direktori sementara ini dengan menjalankan aturan debian/rules binary jika ingin membuat package Debian, atau dengan menjalankan rpmbuild -bb <namapackage>.spec jika ingin membuat package Red Hat.
-s,--single
Seperti halnya dengan-g, tapi tidak men-generate direktori namapackage.orig. Ini hanya berguna jika sisa hardisk kecil dan anda men-generate package Debian.
--patch=patch
Menentukan patch yang digunakan daripada mencari patch secara otomatis di /var/lib/alien. Ini tidak memiliki efek kecuali ketika kita membuat package debian.
--anypatch
Menjadi lebih longgar dalam menentukan file patch mana yang digunakan, mungkin mencoba untuk menggunakan file patchuntuk package yang lebih lama versinya. Cara ini tidak terjamin keberhasilannya, package lebih lama mungkin tidak bisa bekerja dengan baik bila dikombinasikan dengan package yang lebih baru.
--nopatch
Tidak menggunakan file patch apapun.
--description=desc
Menentukan deskripsi mengenai sebuah package. Ini hanya berdampak ketika mengkonversikan dari package format tgz, yang mana kurang memiliki deskripsi.
--version=version
Menentukan versi untuk package. Ini hanya berefek ketika mengkonversi dari package format tgz, yang mana kurang dalam informasi mengenai versi. Perlu diketahui bahwa tanpa argumen, ini akan menampilkan versi dari alien.
-c,--scripts
Mencoba untuk mengkonversi scripts yang ditujukan untuk dijalankan ketika package diinstal dan dihapus. Gunakan opsi ini dengan hati-hati, karena script-script ini mungkin didesain untuk bekerja pada sistem yang berbeda dengan sistem anda, dan bisa menyebabkan masalah. Disarankan agar anda memeriksa script secara manual mengenai apa yang dilakukan script tersebut sebelum menggunakan opsi ini. Secara default opsi ini enable ketika melakukan konversi dari package lsb.
-T,--test
Mengujicoba package yang digenerate. Sekarang ini opsi ini hanya support untuk package debian, yang mana jika package lintian sudah terinstall, akan diujicoba dengan lintian, dan output dari lintian akan ditampilkan.
-k,--keep-version
Secara default, alien akan menambah satu ke versi minor dari setiap package yang dikonversi. jika opsi ini digunakan, alien tidak akan melakukannya.
--bump=number
Daripada melakukan increment vari package dengan 1, increment akan dilakukan berdasarkan number yang diberikan.
--fixperms
Membersihkan semua pemilikan dan perijinan file ketika membuat sebuah deb. Opsi ini mungkin berguna jika package asalnya berantakan. Di sisi lain, opsi ini mungkin malah membuat beberapa hal mejadi berantakan dalam perijinan dan kepemilikan sampai taraf kemampuan opsi ini, jadi secara default dimatikan. Opsi ini hanya bisa digunakan ketika mengkonversi ke package debian.
-v,--verbose
Menampilkan banyak tulisan: Menampilkan setiap perintah alien yang berjalan selama proses konversi package.
--veryverbose
Lebih banyak menampilkan tulisan dalam --verbose, tapi juga menampilkan output dari setiap perintah yang berjalan. Beberapa perintah mungkin mengenerate banyak output.
-h,--help
Menampilkan rangkuman singkat tentang cara penggunaan
-V,--version
Menampilkan versi dari alien.

CONTOH

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan alien:
alien --to-deb package.rpm
Konversi package.rpm menjadi package.deb
alien --to-rpm package.deb
konversi package.deb menjadi package.rpm.
alien -i package.rpm
Konversi package.rpm ke package.deb (konversi ke package .deb adalah default, jadi tidak perlu menuliskan --to-deb), dan langsung menginstall package yang digenerate.
alien --to-deb --to-rpm --to-tgz --to-slp foo.deb bar.rpm baz.tgz
Membuat 9 package baru. Ketika selesai, foo, bar dan baz tersedia dalam semua 4 format package.

ENVIRONMENT

alien mengenali variable environment berikut:
RPMBUILDOPTS
Opsi untuk mengoperkan ke rpm ketika membuat sebuah package.
RPMINSTALLOPTS
Opsi untuk mengoperkan ke rpm ketika menginstall sebuah package.
EMAIL
Jika diatur, alien akan berasumsi bahwa ini adalah alamat email anda. Alamat email akan dimasukan ke dalam package debian yang digenerate.

CATATAN

Ketika menggunakan alien untuk mengkonversi package tgz, semua file di /etc diasumsikan sebagai file konfigurasi. Jika alien tidak dijalankan sebagai root, file-file dalam package yang digenerate akan memiliki kepemilikan dan perijinan yang tidak sesuai.

PENGARANG

alien ditulis oleh Christoph Lameter, <clameter@debian.org>.

Kode konversi deb ke rpm diambil dari program martian oleh Randolph Chung, <tausq@debian.org>.

Kode Solaris pkg ditulis oleh Mark A. Hershberger <mah@everybody.org>.

Secara ekstensiv, alien sudah ditulis ulang sebanyak 3 kali dan sekarang di maintain oleh Joey Hess, <joeyh@debian.org>

COPYRIGHT

alien bisa di copy dan dimodifikasi dibawah ketenntuan GNU General Public License.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar