02 Oktober 2012

Pengenalan Singkat tentang Unity Desktop Environment

Unity adalah desktop environment terbaru dari Ubuntu. Unity mulai digunakan pada release Ubuntu 11.04. Pada awalnya, Unity banyak menerima kritikan dari pengguna Ubuntu. Hal ini antara lain karena banyaknya konsumsi memory yang diperlukan oleh Unity. Meskipun awalnya banyak mendapat kritikan, tapi sekarang Unity menjadi semakin baik dan mulai bisa diterima oleh banyak pengguna Ubuntu. Dalam posting ini, saya akan memberikan perkenalan secara singkat mengenai Unity.

Gambar berikut ini adalah tampilan awal unity 12.04 setelah instalasi.

Launcher, berisi aplikasi yang sedang di jalankan atau tempat melektakkan shortcut untuk aplikasi yang sering kita pakai. Pada pojok kiri atas terdapat tulisan yang mengindikasikan window aplikasi yang sedang aktif. Pada pojok kanan atas, terdapat bermacam-macam notifikasi pendukung.

Pengaturan launcher ada di "Appearance". Untuk menambah shortcut pada launcher, kita cukup mejalankan aplikasi, letakkan pointer mouse pada icon aplikasi, kemudian klik kanan icon aplikasi dan pilih "lock to launcher". Sedangkan untuk menghapus icon dari launcher, cukup klik kanan icon aplikasi, kemudian pilih "remove from launcher".

Gambar di bawah ini adalah ketika kita membuka tampilah dash pada Unity.

Dash adalah tempat kita mencari aplikasi, file dan lain-lain mengenai yang ada di Ubuntu. Untuk membuka dash, kita cukup mengklik logo Ubuntu di bagian paling atas dari launcher, atau dengan menekan tombol Super. Tombol super adalah sebutan tombol logo windows di keyboard bagi para pengguna Linux.

Untuk mencari file atau aplikasi yang ingin di jalankan, kita cukup mengetik nama file atau aplikasi di input area di dash, kemudian di bawah input area akan ditampilkan hasil dari pencarian kita. Di bagian bawah dash, ada beberapa macam lens yang akan menfilter hasil pencarian kita berdasarkan jenisnya, apakah aplikasi, file, video, atau audio. Kita bisa memodifikasi dash agar lebih menarik dengan menginstall applikasi dari pihak ketiga. Aplikasi dari pihak ketiga untuk memodif dash diantaranya ada di link berikut ini: http://askubuntu.com/questions/38772/what-lenses-for-unity-are-available

Saya rasa, cukup sekian perkenalan mengenai Unity Desktop Environment dari saya. Bila ada yang ingin di ketahui lebih lanjut, silahkan komentar di tempat yang sudah disediakan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar