08 Oktober 2012

Tentang Python

Python adalah sebuah bahasa pemrograman dinamis yang dikenal powerfull yang digunakan dalam berbagai variasi domain aplikasi. Python kadang dibandingkan dengan Tcl, Perl, Ruby, Scheme atau Java. Bahasa pemrograman Python mulai dikembangkan akhir tahun 1980-an dan mulai diimplementasikan Desember 1989. Pengembang Python bernama Guido van Rossum, seorang programmer asal Belanda.

Beberapa fitur kunci yang menjadi ciri khas Python antara lain:

  • Sangat jelas, syntax yang mudah dipahami.
  • Bila ada error, mudah dicari penyebabnya.
  • Memiliki intuisi untuk pemrograman berorientasi obyek.
  • Ekspresi yang natural dari kode prosedural.
  • Sepenuhnya modular, mendukung hierarki package.
  • Penanganan error yang berbasis exception.
  • Tipe data dinamis tingkat tinggi.
  • Standard library yang luas dan modul dari pihak ketiga untuk semua tugas.
  • Modul dan ekstensi yang mudah di tulis dengan C, C++ (atau Java dengan Jython, bahasa .NET dengan IronPython).
  • Mudah ditanamkan dalam aplikasi sebagai scripting interface.

Python itu Powerful dan Cepat

Para penggemar dari Python menggunakan ungkapan "termasuk baterai" untuk menggambarkan standard library dari Python, yang mana mencakup segala hal mulai dari pemrosesan asinkron hingga file zip. Bahasa Python sendiri merupakan sebuah sumber tenaga yang fleksibel yang bisa menangani hampir semua domain masalah. Kita bisa membangun web server sendiri hanya dengan 3 baris kode. Membangun kode data-driven yang fleksibel menggunakan kemampuan Python yang powerful dan dinamis serta fitur advance bahasa pemrograman seperti meta-classes, duck typing dan decorators.

Dengan Python, kita bisa menulis kode yang kita perlukan dengan cepat. Dan berkat bytes compiler yang dioptimasi dengan tinggi serta dukungan library yang banyak, kode dari Python berjalan sangat cepat pada sebagian besar aplikasi. Implementasi tradisional dari CPython menggunakan sebuah bytecode virtual machine; PyPy mendukung kompilasi just-in-time (kompilasi saat itu juga) ke kode mesin. Dan juga, Jython dan IronPython mendukung kompilasi just-in-time dalam penerapan masing-masing virtual machine.

Python Mampu Bekerja Sama dengan Bahasa Lain

Python bisa berintegrasi dengan obyek-obyek dari COM, .NET, dan COBRA. Untuk library Java, bisa digunakan Jython, sebuah implementasi dari Python untuk Java Virtual Machine. Python juga mendukung untuk Internet Communications Engine (ICE) dan banyak integrasi teknologi lainnya.

Jika anda merasa ada sesuatu yang tidak bisa dilakukan dengan Python, atau jika anda membutuhkan performa yang bagus dari kode tingkat rendah, anda bisa membuat modul ekstensi dalam bahasa C atau C++, atau membungkus kode yang ada dengan SWIG atau Boost.Python. Modul yang terbungkus, dalam program anda terlihat sama persis seperti kode asli Python. Dengan demikian integrasi bahasa pemrograman jadi lebih mudah. Anda juga bisa melakukan sebaliknya dan menanamkan Python dalam aplikasi anda sendiri, dan menyediakan user anda dengan bahasa yang nyaman digunakan.

Python Bisa Berjalan Dimana Saja

Python tersedia untuk semua sistem operasi umum: Windows, Linux/Unix, OS/2, Mac, Amiga, dan lain-lain. Bahkan ada versinya yang berjalan di .NET dan Java Virtual Machine. Anda akan senang karena source code yang sama bisa berjalan di platform apapun tanpa ada perubahan.

Jika sistem favorit anda belum terdukung, anda tidak perlu khawatir. Jika dalam sistem anda terdapat kompiler bahasa C, anda bisa melakukan kompilasi sendiri.

Python itu Ramah dan Mudah Dipelajari

Newsgroup dari python dikenal ramah. Para pengembang dan komunitas pengguna Python memelihara sebuah wiki, mengadakan konferensi international dan lokal, menjalankan development sprints, dan berkontribusi ke repositori kode online.

Dalam Python juga terdapat dokumentasi yang lenkap, baik itu terintegrasi ke dalam bahasanya dan sebagai halaman web yang terpisah. Tutorial online menargetkan kepada programmer profesional dan pendatang baru. Semua didesain untuk membuat kita lebih produktif. Tersedianya buku dengan rating tinggi melengkapi paket pembelajaran.

Python itu Terbuka

Implementasi Python berada di bawah lisensi open source yang membuat Python dapat digunakan dan didistribusikan secara bebeas, bahkan untuk penggunaan secara komersial. Lisensi Python diatur oleh Python Software Foundation.

Sumber: http://www.python.org/about/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar