29 Desember 2012

Sekilas Tentang IDS (Intrusion Detection System)

Secara harfiah artinya adalah Sistem deteksi penyusupan. IDS merupakan perangkat hardware atau aplikasi software yang memonitor jaringan atau sistem terhadap aktifitas yang merusak atau melanggar aturan dan kemudian melaporkannya ke pihak manajemen. Beberapa sistem IDS mungkin berusaha menghentikan usaha penyusupan, namun hal ini tidak diharapkan dan tidak diperlukan dari sebuah sistem monitoring. IDS fokus dalam mengidentifikasikan insiden yang mungkin terjadi, mengumpulkan informasi atas insiden tersebut, dan kemudian membuat report. Banyak organisasi kemudian menambahkan manfaat IDS untuk tujuan lain, misalnya mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan aturan keamanan, dokumentasi ancaman yang ada, dan menghalangi pihak individu melanggar aturan keamanan. IDS sudah menjadi tambahan penting dalam infrastruktur keamanan di hampir semua organisasi.

Beberapa pihak meningkatkan IDS menjadi Intrusion Detection and Prevention System (IDPS). IDPS merekam informasi yang berhubungan dengan event yang diamati, memberikan notifikasi kepada administrator keamanan, dan membuat report. Banyak dari IDPS juga memiliki kemampuan untuk merespon ancaman yang terdeteksi, yaitu dengan berusaha mengagalkannya. Beberapa respon IDPS jika menemukan ancaman antara lain menghentikan ancaman tersebut, mengubah keamanan lingkungan sistem (misalnya konfigurasi ulang firewall), atau mengubah isi dari paket serangan.

Contoh IDS

Seperti yang disebut di awal, IDS adalah jenis hardware maupun software. Berikut ini adalah beberapa contoh software yang termasuk IDS:

  1. Snort
  2. Prevx Home
  3. SnoopNetCop
  4. AIDE (Advance Intrusion Detection Environment
Sedangkan untuk contoh-contoh product hardware IDS antara lain:
  1. Huawei NIP 2000/5000
  2. Cisco IDS 4215
  3. Juniper IDP 800


3 komentar:

  1. Ada yang Juniper Lopez ga Kang..?
    Menambah referensi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Juniper Lopez, pasti banyak yang pakai ya...

      Hapus
  2. kita juga punya nih artikel mengenai 'IDS(Intrusion Detection System)', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/7010/1/Hustinawaty%20UGJurnal%20Format%20Camera%20ready.pdf
    trimakasih
    semoga bermanfaat

    BalasHapus