19 Mei 2015

Solusi Speaker Laptop Tidak Mute Ketika Menggunakan Headphone

Baru saya sadar bahwa speaker laptop saya tetap mengeluarkan suara ketika menggunakan headphone. Setelah googling, akhirnya saya menemukan solusinya. Berikut ini solusi yang berhasil untuk saya:



Pertama, cari tahu driver audio yang digunakan, dengan perintah:

lspci -nnk | grep -iA2 audio

Hasil yang saya dapat adalah:

00:01.1 Audio device [0403]: Advanced Micro Devices, Inc. [AMD/ATI] Trinity HDMI Audio Controller [1002:9902]
    Subsystem: ASUSTeK Computer Inc. Device [1043:105b]
    Kernel driver in use: snd_hda_intel
--
00:14.2 Audio device [0403]: Advanced Micro Devices, Inc. [AMD] FCH Azalia Controller [1022:780d] (rev 01)
    Subsystem: ASUSTeK Computer Inc. Device [1043:105b]
    Kernel driver in use: snd_hda_intel 


Setelah mengetahui driver yang digunakan, sekarang kita aktifkan mode auto dengan menjalankan command di bawah ini:

echo "options snd-hda-intel model=auto" | sudo tee -a /etc/modprobe.d/alsa-base.conf 
Kemudian reboot laptop, dan sekarang ketika menggunakan headphone, speaker laptop tidak mengeluarkan suara :)

sumber:

http://ubuntuforums.org/showthread.php?t=2168853

Tidak ada komentar:

Posting Komentar