12 Juni 2015

Pengaturan IP Static di Centos 7

Biasanya saya banyak berkutat dengan Debian dan Ubuntu. Sekarang saya mencoba "bermain" sedikit dengan Centos. Baru saja saya install Centos 7 di Virtual Box dan saya menemukan beberapa perbedaan kecil bila dibandingkan dengan Debian atau Ubuntu. Secara default setelah instalasi, network interface Centos akan di set secara otomatis (dhcp). Untuk mengubah pengaturan network interface Centos menjadi static, cukup mengedit file konfigurasi network interface tersebut.

Mengetahui nama logic network interface

Jika di Debian dan Ubuntu biasanya nama network interface untuk LAN adalah eth0, eth1, dst, ternyata penamaan network interface di Centos tidak sama. Untuk mengetahui nama network interface di centos, ketik perintah berikut:

ip addr
Hasil yang saya dapat dari Centos 7 ditunjukan pada gambar di bawah ini:
Default network interface dhcp Centos 7
Perhatikan lingkaran merah pada gambar di atas, enp0s3 adalah nama logic dari network interface LAN di Centos 7. dynamic menunjukan bahwa network interface ini memiliki pengaturan ip otomatis (dhcp). 192.168.224.102/24 adalah alamat ip yang di dapat dari dhcp server.

Edit file konfigurasi netork interface

Di Ubuntu, konfigurasi semua network interface berada dalam satu file, tetapi di Centos 7, konfigurasi network interface tiap-tiap network interface berada dalam file yang berbeda-beda (tapi masih dalam satu directori). Edit file konfigurasi network interface yang akan kita jadikan static (enp0s3).

vi /etc/sysconfig/network-scripts/ifcfg-enp0s3
Secara default, isi dari file tersebut seperti gambar di bawah ini:
File konfigurasi default dhcp
Editlah file di atas agar menjadi seperti gambar di bawah ini:
File konfigurasi static
Perhatikan pada kotak yang berwarna merah. BOOTPROTO=static Berarti menjadikan pengaturan IP dari network interface imenjadi static. IPADDR=192.168.24.93 berarti memberikan secara manual alamat IP 92.168.24.93 kepada network interface ini. NETMASK=255.255.255.0 berarti memberikan nilai netmask 255.255.255.0 untuk network interface ini. NM_CONTROLLED=NO berarti network interface ini tidak bisa diatur/disetting oleh aplikasi network manager. ONBOOT="YES" berarti pengaturan ini segera dijalankan setiap kali mesin Centos restart/reboot.

Mengatur default gateway internet dan DNS server

Langkah selanjutnya adalah mengatur DNS dan gateway yang akan kita terapkan secara global, bukan hanya untuk satu network interface tertentu. Bukalah file konfigurasi berikut:

vi /etc/sysconfig/network
File ini biasanya kosong (yang saya lihat hanya tulisan "#Created by anaconda"). Editlah agar menjadi seperti pada gambar di bawah ini:
Konfigurasi DNS dan Gateway
Pada GATEWAY, berikan alamat IP host yang terhubung ke internet di network tempat centos berada. Pada DNS, isilah DNS server sesuai selera.

Mengaktifkan konfigruasi baru

Untuk ujicoba konfigurasi baru, lakukan restart pada mesin Centos. Setelah restart, jalankan perintah ip addr lagi, kemudian periksa apakah hasilnya sama dengan yang saya dapat seperti gambar di bawah ini:

Konfigurasi static baru

Sumber

Selain praktik sendiri, tulisan ini sebagian bersumber dari: http://www.tecmint.com/configure-network-interface-in-rhel-centos-7-0/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar