09 November 2015

Hapus File .pyc Secara Recursive pada Project Python

Jalankan perintah ini di root directory dari aplikasi atau project python anda:

find . -name '*.pyc' -delete

File .pyc adalah file yang dihasilkan oleh intrepeter python. File inilah yang dijalankan oleh virtual mesin dari python sehingga program python dapat bekerja sesuai tujuan.

Tapi kadang ketika kita mengedit kode program python kita, file .pyc tidak update, sehingga edit yang baru dilakukan tidak sesuai hasil. Untuk mengatasi masalah ini, kita perlu menghapus file .pyc, dan kemudian menjalankan lagi program python agar men-generate file .pyc baru yang sesuai dengan kode. Dengan baris perintah di atas, kita dapat menghapus sekaligus semua file .pyc yang ada dalam aplikasi atau proyek python kita.

Baris di atas juga bisa digunakan untuk menghapus file-file dengan ekstensi lain, cukup ganti .pyc dengan ekstensi file yang anda inginkan. Tapi hati-hatilah, karena baris perintah di atas akan menghapus semua file dengan ekstensi yang diberikan termasuk di dalam sub direktori tempat perintah ini dijalankan.

Trik ini saya dapat dari salah satu pertanyaan di SO: http://stackoverflow.com/questions/785519/how-do-i-remove-all-pyc-files-from-a-project dengan jawaban yang saya pilih adalah: http://stackoverflow.com/a/925597/1084903



Tidak ada komentar:

Posting Komentar