24 Januari 2012

Install Driver Printer HP di Ubuntu

Beberapa hari lalu saya membeli printer HP all in one dengan tipe deskjet 1050 seri j410. Saya memilih merk HP karena banyak modelnya yang kompatibel dengan Linux. Jika anda ingin memeriksa apakah printer yang ingin anda beli kompatibel dengal linux, periksa di http://www.openprinting.org/printers. Melalui post ini, saya ingin berbagi cara instalasi driver printer HP 1050 yang saya lakukan.

Sebelum anda melakukan instalasi driver, anda harus terhubung ke internet. Berikut ini adalah proses instalasi driver printer HP yang saya lakukan.

  1. Download driver printer HP di Linux, HPLIP (HP Linux Imaging and Printing) di http://hplipopensource.com/hplip-web/install_wizard/index.html dan sesuaikan dengan model yang anda miliki.
  2. Pada saya, saya setting sesuai dengan gambar di bawah ini.
  3. Akan muncul beberapa konfirmasi, klik saja "next" dan kemudian download HPLIP. File yang saya dapat adalah hplip-3.11.12.run.
  4. Buat file hasil download tadi menjadi executable,
    $ sudo chmod 777 hplip-3.11.12.run
  5. Eksekusi file tersebut,
    $ sh hplip-3.11.12.run
  6. Saat proses instalasi berjalan, akan muncul beberapa pertanyaan, yang pertama adalah konfirmasi distro, password user, dan catatan instalasi.
    DISTRO/OS CONFIRMATION ---------------------- Distro appears to be Ubuntu 10.04. Is "Ubuntu 10.04" your correct distro/OS and version (y=yes*, n=no, q=quit) ? y ENTER USER PASSWORD ------------------- Please enter the user (pupil)'s password: Password accepted INSTALLATION NOTES ------------------ Enable the universe/multiverse repositories. Also be sure you are using the Ubuntu "Main" Repositories. See: https://help.ubuntu.com/community/Repositories/Ubuntu for more information. Disable the CD-ROM/DVD source if you do not have the Ubuntu installation media inserted in the drive. During the install process you will be added to the lp group, please quit the installer before the setup stage, log out, log back in, and run hp-setup to complete the install. Please read the installation notes. Press to continue or 'q' to quit:

  7. Pertanyaan berikutnya adalah untuk merestart atau mencabut-colokan kabel USB printer.
    Restart or re-plug in your printer (r=restart, p=re-plug in*, i=ignore/continue, q=quit) : r
    Rekomendasi saya adalah, save semua pekerjaan anda, dan kemudian restart.
  8. Setelah restart, buka terminal dan ketik,
    hp-setup
    Kemudian akan muncul jendela konfigurasi yang cukup mudah diikuti.

Kembali saya ingatkan, ketika melakukan instalasi ini, anda harus terhubung ke internet. Semoga berhasil, dan jika berhasil atau pun gagal, sekiranya anda bisa menulis di komentar post ini, terima kasih.



1 komentar: