25 Januari 2012

Install VGA ATI RADEON HD 6310M di Ubuntu

Seperti yang anda ketahui, saya adalah seorang pengguna Linux. Untuk keperluan kuliah, saya menggunakan laptop ASUS K43U dengan VGA ATI RADEON 6310M dan OS Utama Ubuntu 10.04. Pada OS Windows, masalah hardware tidak akan menjadi masalah, karena pada paket pembelian sudah terdapat CD instalasi driver. Akan tetapi, untuk OS Linux, saya harus download drivernya dulu baru kemudian install. Namun setelah proses instalasi driver VGA selesai, ternyata effek visual yang didapat sangat mencengangkan dan melebihi effek pada OS Windows. Berikut ini adalah langkah-langkah instalasi driver VGA saya, yaitu ATI RADEON 6310M.

  1. Download driver yang dibutuhkan di http://support.amd.com/us/gpudownload/linux/Pages/radeon_linux.aspx
  2. Setelah selesai download, buka terminal dan masuk ke direktori tempat file hasil download berada.
    cd download
  3. Kemudian jadikan file driver yang anda download tadi "executable", perhatikan bahwa file yang saya gunakan disini mungkin berbeda dengan yang anda gunakan, karena memang dari developernya akan selalu di update.
    sudo chmod 777 ati-driver-installer-11-9-x86.x86_64.run
  4. Jalankan file driver yang sudah diubah ke executable tadi.
    sh ./ati-driver-installer-11-8-x86.x86_64.run
  5. Akan muncul windows instalasi yang cukup mudah diikuti.
Semoga post ini bermanfaat bagi semua pengguna Linux.



24 komentar:

  1. halo, saya pemula di linux dan artikel ini sangat mudah dijalankan.bahkan saya sudah menginstall ATI RADEON 6310M saya. nah, yang jadi pertanyaan saya adalah dimana ya saya bisa mengatur display serta graphic ati radeon saya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu tempatnya, itu tergantung Seri Ubuntu yang dipakai mas. Tapi aplikasi yang harus dibuka adalah AMD Catalyst Control Centre Admnistrator.

      Hapus
    2. saya pake linux puppy. n wireless serta audio ane blm d instal. pdhal dh pake ASLA n ASLA nya nge-detect audio secara otomatis tp tetep aj kgk keluar audio.. isi nya: no device.. wew, atw jgn2 wireless ane jg gak ad hardware nya ya? pdhal ane bru beli 2 minggu lalu. T_T

      Hapus
    3. Kalau untuk audio, saya belum begitu memahaminya mas. Coba saja daftar dan buat posting pertanyaan di http://ubuntu-indonesia.com/

      Hapus
  2. salam, seteleah saya install, ada watermark "unsupported hardware" di pojok kanan bawah, solusinya bagaimana ya gan?terima kasih jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kartu VGA dan Seri Ubuntu yang dipakai apa ya mas??

      Hapus
  3. gan ..
    ane instal ubuntu 10.10 di laptop asus K43u vga ati radeon HD 6320 ,itu gmana caranya gan ..
    saya udah nyoba langkah di ats tapi gagal ..
    ni malah saya coba instal lagi ..gmana gan ..pencerahannya donk ..

    BalasHapus
  4. wah, ane ganti ke ubuntu aja ap ya? hmm..

    BalasHapus
  5. mas saya udah coba menginstal vga ati radeon saya di blackbuntu, tapi pada saat penginstalan yang mudah terjadi error.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akan sangat membantu kalau mas memberikan secara detail apa saja keterangan error yang mas alami. Jadi, keterangannya apa mas?

      Hapus
  6. apa sama saja mas kalo install di BT5R3 ?
    trus kalo driver'a install via cd gmn cara'a ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Well, BT5 merupakan modifikasi dari Ubuntu, jadi menurut saya drivernya sama saja, asal hardware juga sama. Kalau memang drivernya dari CD, cara paling simple adalah copy driver tersebut ke hardisk, baru kemudian ikuti dari nomor 3. Silakan mencoba, apapun hasilnya, komen ke sini lagi ya.

      Hapus
    2. yang di copy-kan yang mana yaa mas ?
      soalnya ada banyak folder di cd installer drivernya.....

      Hapus
    3. yang dicopy ya file drivernya, biasanya file yang berekstensi .run atau .sh ( tapi tidak selalu seperti ini). Atau bisa dicocokan dengan nama file driver installer yang ada di web yang saya referensikan di nomor 1.

      Hapus
  7. tutor di atas memang berjalan baik di ubuntu 10.04lts..tetapi begitu anda mencoba di ubuntu 12.04 dan 12.10...eng ing eng...black screen ...dan kadang cuman muncul wallpaper + cursor saja...pertama ane kira mungkin unity terhapus..tapi ane reinstall unity..ternyata tetap sama saja..kesimpulan saya adalah driver radeon 6310 belom bekerja pada kernel 3.xxx ke atas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketika awal menginstall Ubuntu 12.04 yang menggunakan kernel 3.2.xx, saya menggunakan driver AMD yang lebih baru, yaitu versi 12.8, dan masih dapat berjalan dengan baik untuk Unity. Sekarang saya masih menggunakan Ubuntu 12.04, tetapi kernel yang saya pakai adalah versi 3.5. Kalau mas Purwanto juga menggunakan kernel versi 3.5, dan VGA RAdeon 6310, maka tidak perlu menginstall driver tambahan. Karena kernel 3.5 sudah otomatis mendeteksi VGA, dan langsung bisa digunakan untuk optimalisasi tampilan.

      Bagaimanapun juga, terima kasih sudah berbagi pengalaman di sini mas.

      Hapus
  8. saya pengguna bru linux ubuntu mas k43u saya lambt cepat panas lag dmn2 saya pke ubuntu 12.10 saya pikir ubuntu lbh ringan drpd windows 7 ultimate 64bit.mungkn ad saran bwt k43u biar enteng n lancr jalin ubuntu.trimakasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pengguna Asus K43U dengan Ubuntu 12.04 dan Xfce4, terasa ringan sekali. Tapi animasi untuk xfce adalah yang paling sedikit jika dibanding KDE atau Gnome atau Unity. Tapi meski demikian, xfce masih lebih animatif dibanding Windows menurut saya. mungkin kalau pengen enteng, install Ubuntu dengan desktop environment xfce.

      Hapus
  9. terima kasih infonya . membantu sekali. ubuntu 13.04 dengan r7 250 , mulus tanpa kendala

    BalasHapus
  10. gan gmn caranya instal driver VGA aq pake asus K43U dengan ubuntu tapi aq gak bisa bisa instalnya tolong dibantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pakai Ubuntu, bisa install vga driver dari additional driver.

      Hapus
  11. kalo installnya lewat live cd bisa ga ?
    soalnya komputer saya ga bisa masuk ke ubuntu, selalu nampilin out of frequency, udah semua resolusi dicoba, tapi tetep out of frequency, katanya disruh install driver vga nya, kebetulan vga saya ati radeon, gimana caranya install driver vga kalo belum di install ubuntunya?

    BalasHapus