14 Mei 2012

Menjalankan Aplikasi 32-bit pada Ubuntu Linux 64-bit

Sekarang ini, hampir perangkat komputer baik laptop maupun PC memiliki dukungan untuk menjalankan OS 64-bit. Begitu juga dengan Linux, hampir sebagian besar distro Linux menyediakan versi 64-bit. Meski kita menggunakan komputer dengan processor 64-bit, kita tidak akan menghadapi masalah berarti jika menginstall Linux 32-bit di komputer kita. Akan tetapi, OS 32-bit hanya mampu memanfaatkan RAM sampai maksimal 3GB.

Jika kita ingin memanfaatkan RAM sampai lebih dari 3GB, ada baiknya kita menggunakan Linux versi 64-bit. Akan tetapi, menggunakan distro Linux versi 64-bit bukan tanpa masalah. Masalah yang pasti dihadapi adalah, dengan OS 64-bit tidak akan mampu menjalakan aplikasi 32-bit. Dan lebih parah lagi, tidak banyak pengembang aplikasi yang menyediakan versi 64-bit dari aplikasi mereka. Dengan kata lain, jumlah aplikasi versi 64-bit masih lebih sedikit dari versi 32-bit. Berikut ini adalah contoh kasus ketika saya menjalankan LAMPP (Xampp for Linux), yang mana hanya disediakan dalam versi 32-bit, pada Ubuntu 12.04 versi 64-bit.

pupil@DreamRunner:~$ sudo /opt/lampp/lampp start
[sudo] password for pupil:
XAMPP is currently only availably as 32 bit application. Please use a 32 bit compatibility library for your system.
pupil@DreamRunner:~$

Untuk menjalankan aplikasi 32-bit dalam OS 64-bit, kita harus menginstall library 32-bit. Untuk menginstallnya, kita cukup membuka terminal dan mengetik perintah berikut:

sudo apt-get install ia32-libs

Setelah saya menginstall library 32-bit, kemudian saya menjalankan kembali LAMPP, dan berikut adalah hasilnya:

pupil@DreamRunner:~$ sudo /opt/lampp/lampp start
Starting XAMPP for Linux 1.7.7...
XAMPP: Starting Apache with SSL (and PHP5)...
XAMPP: Starting MySQL...
XAMPP: Starting ProFTPD...
XAMPP for Linux started.
pupil@DreamRunner:~$ 

Sumber: http://maketecheasier.com/run-32-bit-apps-in-64-bit-linux/2009/08/10



3 komentar: