10 Mei 2015

[Gnome Asia 2015 day 1] Lightning Talks Sesi Pertama

Setelah presentasi mengenai arsitektur BlankOn dari om mdamt selesai, dilanjutkan dengan lightning talks untuk sesi pertama. Dalam lightning talks, pembicara menyampaikan secara singkat (5 menit) materi yang dibawakan. Materi lightning talks sesi pertama banyak diisi promosi layanan berbasis open source dari masing-masing perusahaan pembicara.
Materi lightning talks pertama adalah How Do I Change My Sysadmin Mindset? yang dibawakan oleh Dwi Sasongko Priyadi. Materi ini berisi pentingnya kolaborasi antara team developer dan team sysadmin. Pada umumnya developer dan sysadmin kurang dapat bekerja sama dalam sebuah project. Ketika team developer meminta akses ke sebuah network, seringkali sysadmin tidak memberikannya. Sayang sekali, setelah  menit waktu berakhir, belum semua materi disampaikan. Tetapi saya sempat melihat logo vagrant. Berikut ini persentasi yang digunakan:



Materi kedua lightning talks berjudul Linux In Cloud Computing Era yang dibawakan oleh Anjar Hardiena. Sama seperti sebelumnya, lightning talks yang kedua ini juga kehabisan waktu sebelum selesai menyampaikan semua materi. Materi yang sempat disampaikan hanya seputar pengertian dari open source, keuntungan finansial dari open source dan beberapa distro linux yang banyak digunakan dalam cloud computing. Berikut ini presentasi lengkapnya:



Materi lightning talks ketiga berjudul Pemetaan Amal Usaha Muhammadiyah yang dibawakan oleh Adi Sucipto dan Azharuddin. Materi berisi informasi bahwa Muhammadiyah memiliki aplikasi yang berisi informasi-informasi seputar Muhammadiyah dan dunia islam secara umumnya. Hal ini menunjukan bahwa kita sebagai umat muslim juga sebaiknya "melek" terhadap dunia IT, agar kita juga bisa memanfaatkan IT untuk media meningkatkan amal dan ibadah.

Setelah lightning talks, kami istirahat untuk melaksanakan sholat jumat dan makan siang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar